Free Music Sites
Free Music Online

free music at divine-music.info

Monday, April 29, 2013

10 TEKNOLOGI MANUSIA BIONIK


1. Mata bionik
Penyandang tuna netra kini sudah bisa melihat cahaya dasar, gerakan danbentuk. Itulah yang dikembangkan Dr. John Pezaris dari Harvard Researchdengan Argus II Retinal Prosthesis, yang kini tengah diujicoba FDA.Aplikasi ini merekam informasi visual melalui kamera dan memprosesnyake dalam sinyal elektronik, lalu dikirim secara nirkabel ke elektrodaimplan. Argus II menggunakan implan elektroda di dalam maya yangmenggantikan fungsi retina.

2. Tulang yang tumbuh kembali
Sejak tahun 1960-an, ilmuwan sudah tahun tentang protein yang mampumenambah jaringan tulang agar tumbuh kembali saat mengalami kerusakan.Sayangnya teknologi saat itu belum sempurna. Baru tahun 2006 ilmuwanUCLA mendapatkan solusi dengan mendesain protein sehingga layakmenumbuhkan sel-sel jenis tertentu saja. Protein ini bermana UCB-1.

3. Pankreas portabel
Ini adalah oankreas buatan yang mampu memonitor level gula darahdalam insulin agar sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Aaron Kowalski,direktur proyek Juvenile Diabetes Research Foundation mengatakan akansegera memasarkannya. Produk ini adalah kombinasi dari dua jenisteknologi, pompa insulin dan pemonitor glukosa.

4. Lidah elektronik
Dean Neikirk, profesor komputer dan rekayasa elektrik di Universityof Texas mengembangkan perasa alias lidah buatan. Perusahaan makananbisa menggunakannya sebagai pemrogram standar tasa. Lidah elektronikini terdiri atas sensor kecl yang bisa berganti warna sesuai dengantarget rasa tertentu.

5. Anggota badan baru
Mereka yang diamputasi kini bisa menggunakan lengan buatan yangsama-sama kuat dengan yang asli. Dikembangkan oleh Dr. Todd Kuiken daroRehabilitation Institute of Chicago,tangan bionik ini terhubung ke otakdengan saraf motorik. Saraf ini terkoneksi ke area lain dalam tubuhseperti dada, dimana impulsnya bisa diterima elektroda dalam lenganbuatan. Jika pasien ingin menggerakkan tangannya, saraf mengirimkansinyal ke tangan asli dan mengirimkannya ke lengan buatan. Kiniteknologi masih dalam penyempurnaan
.
6. Lutut pintar
Lutut memang bukan bagian tubuh yang bisa berpikir. Tapi lututbernama RHEO yang dikembangkan ilmuwan bidang kecerdasan buatan MIT,Hugh Herr dan Ari Wilkenfeld, sungguh bisa berpikir. RHEO mampumemprogram diri sesuai keinginan pasien, mencipoakan gerakan nyamansaat berjalan. Penyandang cacat lutut kini tak perlu lagi menderitaterlalu lama.

7. Ginjal yang bisa dikenakan
Pasien gagal ginjal membutuhkan proses penghilangan zat beracun daridarah dan menjaga keseimbangan cairan yang biasa dilakukan oleh ginjalyang sehat. Kini ginjal buatan hadir lebih kecil dan cukup ringandibanding ginjal buatan era terdahulu. Ginjal ini juga memiliki sifatotomatis sehingga dinamakan automated, wearable artificial kidney(AWAK). Adalah Martin Roberts dan David B.N. Lee dari UCLA yangmengembangkannya. AWAK bekerja lebih baik daripada ginjal buatantradisional sebab bisa bekerja 24 jam sehari, 7 hari semingguselayaknya ginjal asli.

8. Sel-sel buatan
Daniel Hammer, profesor University of Pennsylvania mengembangkanmetode lebih baik, yakni sel-sel buatan yang terbuat dari bahanpolimer. Dengan bahan ini maka bisa mengetahui sel darah putih manayang akan mengelilingi tubuh. Sel buatan yang diberinama C ini mampumenghantarkan obat langsung ke tempat yang membutuhkan. Dengan cara inimaka obat bisa lebih cepat dan tepat serta aman memerangi penyakitseperti kanker.

9. Penis buatan
Kabar baik bagi penderita disfungsi ereksi, sebab Anthony Atala dantimnya di Wake Forest University telah mengambangkan corpora cavernosabaru, jaringan spon yang terisi darah selama terjadinya ereksi.Ujicobanya sudah dilakukan pada kelinci jantan yang jaringan aslinyasudah dihilangkan. Jaringan baru ini tumbuh di sel kelinci dan setelahsatu bulan ia bisa kembali bereproduksi secara prima.

10. Otak bongkar pasang
Membongkar pasang otak tidak semudah bongkar padang tangan ataukaki, namun tetap bukan suatu hal yang mustahil. Theodore Berger, daruUniversity of Southern California, menciptakan chip komputer yang mampumenggantikan fungsi hippocampus, bagian otak yang mengontrol memorijarak pendek dan pemahaman spasial. Implantasi hippocampus bisamembantu penderita Alzheimer dan stroke. Saat ini Berger masihmengujicoba chip-nya.

thanks

0 comments:

Post a Comment